123

30 November 2010

Khasiat Yoghurt #006 - Merangsang Aktivitas Saluran Pencernaan

Saya mendapatkan informasi ini dari situs http://www.articlesbase.com.

Khasiat yoghurt yang satu ini (merangsang aktivitas saluran pencernaan) saling berkaitan dengan khasiat #005 - melancarkan buang air besar yang telah saya tulis sebelumnya.

Dalam saluran pencernaan kita diyakini terdapat lebih dari 500 spesies mikroorganisme. Sebagian adalah mikroba baik (bermanfaat bagi tubuh), sebagian mungkin netral (belum teramati manfaatnya) dan sebagian mungkin berupa mikroba jahat (merugikan kesehatan). Nah, mengkonsumsi yoghurt akan membantu menjaga keseimbangan mikroba dalam saluran pencernaan kita (lihat khasiat #004 yang pernah saya tulis beberapa waktu lalu). Keseimbangan mikroba yang baik dalam saluran pencernaan kita terutama dalam usus, akan memberikan manfaat luar biasa, antara lain:
  1. Daya tahan tubuh meningkat
  2. Buang air besar menjadi lancar
  3. Aktivitas saluran pencernaan menjadi lebih baik (yang akan saya ulas dalam artikel ini)
  4. dan lain-lain
 Apa pentingnya memiliki aktivitas pencernaan yang tinggi? Jawabannya, sangat penting. Saluran pencernaan yang aktif akan meningkatkan daya serap zat-zat gisi yang terdapat pada makanan. Dengan demikian maka tubuh akan semakin sehat. Saluran pencernaan yang sehat juga akan mengurangi resiko terkena kanker usus. Dan saat ini telah terbukti secara medis bahwa benteng utama kesehatan manusia memang terletak pada kesehatan saluran pencernaannya. Jadi, kalau kita ingin sehat, rawatlah terlebih dahulu saluran pencernaan kita.

Semoga bermanfaat.