123

27 November 2010

Bifidobacterium, Probiotik Usus Besar

Ternyata, selain Lactobacillus acidophilus dan L. casei, ada juga bakteri probiotik lain yang bernama Bifidobacterium. Bakteri probiotik yang satu ini cukup unik mengingat dia lebih betah 'bersarang' di usus besar, dan uniknya, dia termasuk golongan bakteri anaerob (yaitu justru tidak bisa hidup kalau ada oksigen) . Fungsinya selain menjaga usus besar dari serangan bakteri jahat juga dapat menjaga usus besar dari kanker usus besar dan rectum (colorectal cancer).

Beberapa spesies Bifidobacterium yang telah berhasil ditaksakan (diidentifikasi) adalah:

  1. B. adolescentis
  2. B. angulatum
  3. B. animalis
  4. B. asteroides
  5. B. bifidum
  6. B. boum
  7. B. breve
  8. B. catenulatum
  9. B. choerinum
  10. B. coryneforme
  11. B. cuniculi
  12. B. dentium
  13. B. gallicum
  14. B. gallinarum
  15. B. indicum
  16. B. longum
  17. B. magnum
  18. B. merycicum
  19. B. minimum
  20. B. pseudocatenulatum
  21. B. pseudolongum
  22. B. psychraerophilum
  23. B. pullorum
  24. B. ruminantium
  25. B. saeculare
  26. B. scardovii
  27. B. simiae
  28. B. subtile
  29. B. thermacidophilum
  30. B. thermophilum
  31. B. urinalis
foto diatas menunjukkan Bifidobacterium sp. yang sedang menempel di dinding usus besar

 
foto diatas adalah B. adolescentis

Tidak semua Bifidobacterium ini ditemukan dalam usus besar manusia. Beberapa spesies ditemukan pada usus herbivora, serta pada mamalia lain. Biasanya spesies yang sangat terkenal adalah B. longum yang hampir selalu ada di usus besar bayi yang baru lahir. Lalu ada B. infantis yang juga hampir selalu ada pada setiap usus besar bayi yang baru lahir. Saya pernah melihat produk suplemen untuk bayi dan balita yang mengandung B. longum dijual di apotek. Fungsinya jelas, untuk memberikan sistem pencernaan yang sehat pada bayi dan balita dan bahkan anak.

Biasanya, semakin kita dewasa, bakteri ini akan semakin sedikit ada di usus besar kita. Hal ini bisa saja terjadi karena pencernaan orang dewasa telah banyak dilalui oleh diet atau makanan yang tidak sehat, dan membuat Bifidobacterium banyak yang mati. Karena itu, remaja dan orang dewasa membutuhkan bakteri probiotik dari luar tubuh untuk menjaga keseimbangan mikroflora di ususnya. Kini telah banyak terdapat minuman yang mengandung probiotik. Anda juga dapat membuatnya di rumah, dengan bibit yoghurt serbuk yang mengandung L. acidophilus yang bisa anda beli di situs ini.

Kemajuan teknologi telah membuat Bifidobacterium dapat dikultur di minuman untuk dijual di toko-toko maupun supermarket. Anda dapat melihat-lihat beberapa produk yoghurt di supermarket dan coba lihat kandungan bakterinya, apakah terdapat Bifidobacterium atau tidak. Biasanya, yoghurt yang mengandung Bifidobacterium harganya mahal, dan harus segera diminum setelah kemasannya dibuka.