123

30 December 2010

Rahasia Membuat Bisnis Yoghurt Anda Tahan Gempa

Tahukah anda, kalau kita hidup di wilayah sangat rawan gempa?

Sepertinya, tak perlu diberitahu sekalipun, anda sudah memahaminya, dan saya yakin sebagian besar dari kita pernah merasakan bumi bergerak dan menghancurkan beberapa perabotan, dinding rumah hingga merusak bangunan tempat tinggal kita.

Gambar diatas yang berwarna-warni tersebut adalah wilayah yang paling rawan terkena gempa di Indonesia.

Bagi anda yang tinggal di Pulau Kalimantan, selamat! Anda sangat jauh dari gangguan mengerikan yang bernama gempa bumi. Namun, bagaimana dengan kita (termasuk saya) yang tinggal di wilayah rawan gempa? Gempa tidak hanya mengancam bangunan tempat tinggal kita, namun juga mengancam bisnis kita, termasuk juga Bisnis Yoghurt.

Anda bisa melihat dari gambar diatas, betapa kerugian bisnis akibat gempa dapat sangat besar. Bahkan asuransi sekalipun sulit mengatasi kerugian ini secara menyeluruh.

Jadi, bagaimana caranya agar bisnis yoghurt kita tahan terhadap gempa? Berikut ada beberapa trik rahasia yang dapat anda terapkan:
  1. Pindahkan bisnis yoghurt anda ke Pulau Kalimantan (hehe, bercanda). Kalimantan merupakan satu-satunya pulau besar di Indonesia yang nyaris tidak tersentuh gempa. Namun saya yakin anda yang tinggal di Jawa/Sumatera akan berpikir seribu kali jika harus memindahkan bisnis ke Kalimantan, karena banyak hal yang harus dipertimbangkan, seperti biaya dan sebagainya. Jadi, apakah ada solusi lain? Ada, tentu saja, seperti poin-poin selanjutnya di bawah ini.
  2. Jangan memproduksi yoghurt menggunakan peralatan yang terlalu mahal dan berat, fokuskan pada produksi yoghurt dengan modal kecil dan menggunakan peralatan yang ringan, seperti peralatan rumah tangga biasa.
  3. Jangan menyewa konter yoghurt yang mahal di dalam pusat perbelanjaan besar. Konter yang mahal biaya sewanya akan menggerogoti kantong anda, dan memperlama balik modal. Jika terjadi gempa, ruangan konter yang anda sewa tersebut mungkin akan terkena dampaknya juga, dan dapat merusak peralatan yang tersimpan didalamnya.
  4. Jika anda menjual yoghurt di dalam pusat perbelanjaan, pastikan anda memilih lokasi yang mudah untuk evakuasi saat terjadi gempa, misalnya di dekat pintu masuk/keluar, lantai dasar, dan emperan mall. Jangan menempatkan bisnis anda di lantai 3,4,5,6 dst, karena akan memakan waktu sangat lama untuk evakuasi saat terjadi gempa.
  5. Jika menggunakan ruangan pabrik yang terpisah dari rumah tinggal, pastikan ruangan tersebut memiliki konstruksi dinding dan atap tahan gempa, dan pastikan peralatan yang paling mahal ditempatkan di lokasi yang tercepat evakuasinya, seperti di dekat pintu keluar dan koridor.

Oke tips diatas dapat anda terapkan sehingga anda dapat berbisnis yoghurt dengan lebih tenang dan nyaman tanpa khawatir berlebihan akan ancaman gempa. Semoga bermanfaat.