123

05 March 2011

Khasiat Yoghurt #018 - Baik Bagi Ibu Hamil, Sumber Kalsium dan Nutrisi Penting Selama Hamil

Saya mendapat informasi ini dari http://www.parents.com/pregnancy/my-body/nutrition/5-great-pregnancy-foods/?page=2

Menurut parents.com, yoghurt adalah satu dari 5 jenis makanan yang sangat dibutuhkan oleh semua ibu hamil. 5 jenis makanan/minuman tersebut yaitu jus jeruk, brokoli, yoghurt, miju-miju (sejenis kacang, en: lentils), dan buah ara (en: figs). Oke kita akan bahas khusus untuk yoghurt dalam posting ini.

Kandungan nutrisi yoghurt dapat dikatakan lengkap, mulai dari protein, kalsium, vitamin B, magnesium, seng dan beberapa mikronutrien lain. ternyata seluruh nutrisi yang terdapat pada yoghurt memang dibutuhkan oleh janin yang masih dalam kandungan. Protein akan membuat tumbuh kembang janin menjadi lebih sempurna dan kalsium akan memperkuat tulang janin. Vitamin tentu saja akan diperlukan baik oleh sang ibu maupun janin yang dikandungnya.

Yoghurt plain yang masih segar dan baru diproduksi juga masih mengandung bakteri hidup yang baik untuk pencernaan. Jika bibit yoghurtnya mengandung bakteri probiotik (seperti Lactobacillus acidophilus), maka yoghurt tersebut juga akan mengandung bakteri probiotik. Probiotik akan menjaga usus sang ibu tetap dalam kondisi terbaik, mencegah serangan penyakit yang masuk lewat makanan. Kadar probiotik pada yoghurt berada dalam titik terbaik pada 1-2 hari setelah produksi.

Berapa banyak yoghurt yang dibutuhkan seorang ibu hamil setiap harinya? Tentu saja itu relatif. Namun menurut berbagai sumber, mengkonsumsi 250 ml yoghurt segar tiap hari sudah sangat mencukupi. Yoghurt terbaik untuk ibu hamil adalah plain yoghurt (yang tidak diberi perisa dan pewarna) atau sweet-plain (yoghurt plain yang hanya diberi gula/madu). Jika ingin menggunakan perisa dan pewarna, gunakanlah sedikit saja dan pastikan menggunakan perisa khusus yoghurt dan pewarna makanan berkualitas tinggi.