123

19 March 2011

Rahasia Bibit Yoghurt #01 - Mengenal Probiotik

Manfaat kesehatan yoghurt telah dipelajari selama berabad-abad, namun banyak orang tidak menyadarinya.

Kita menyadari betapa pentingnya yoghurt untuk hidup gaya hidup sehat. Yoghurt menguntungkan kesehatan kita dalam berbagai hal, dan karena itulah yoghurt perlu ditambahkan ke daftar belanja kita. Jika pengeluaran anda membengkak karena terus menerus berbelanja yoghurt, maka sudah saatnya anda mempertimbangkan untuk membuat yoghurt sendiri. Rajayoghurt.com menyediakan paket pembuatan yoghurt dan segala bahan-bahan pendukung yang diperlukan, termasuk bibit yoghurt yang sangat jarang ada dan perisa yoghurt yang sangat luar biasa.

Yoghurt dibuat menggunakan suatu proses fermentasi alami yang sangat unik. Yogurt dibuat dengan bantuan sekelompok mikroba baik yang biasa disebut kultur yang dibiakkan dalam media susu, bisa susu segar maupun susu olahan yang terjamin. kultur ini biasa kita sebut BIBIT YOGHURT, yang sangat membutuhkan susu untuk hidup. dan tanpa disadari oleh si bibit, aktivitasnya dalam susu ternyata menghasilkan banyak produk yang berguna bagi kita, para manusia. Bibit ini, jika dikirim ke dalam usus dan dapat selamat melewati cairan asam lambung, maka si bibit akan menjadi bakteri pelindung usus kita. Inilah yang disebut sebagai Probiotik. Bakteri probiotik ini akan mencegah pertumbuhan bakteri berbahaya yang menyebabkan infeksi dan penyakit. Selain itu juga meningkatkan kesehatan pencernaan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bakteri yoghurt ini mencegah ketidakseimbangan dalam tubuh, menekan pertumbuhan beberapa ragi yang merugikan dalam saluran pencernaan, dan dapat mencegah berbagai jenis infeksi jamur.

Selain itu, bakteri yoghurt ternyata dapat mencegah infeksi saluran kemih. Dalam kasus infeksi ringan dalam tubuh, kita sebenarnya tidak perlu buru-buru mencari antibiotik di kotak obat. Sangat sering sebuah infeksi ringan yang menyerang orang dewasa yang sehat, dapat disembuhkan hanya dengan beristirahat dan mengisi usus dengan milyaran bakteri probiotik yang terkandung dalam bibit yoghurt cair. Jika anda buru-buru mengambil dan mengkonnsumsi antibiotik, maka bakteri probiotik yang ada dalam usus anda mungkin akan ikut mati. Makan/minum yogurt segar secara teratur dapat membantu memulihkan tingkat bakteri probiotik dalam usus kita.