123

20 January 2011

Khasiat Yoghurt #017 - Sebagai Sumber Nutrisi Untuk Otak

Artikel ini saya dapatkan dari Newscientist:
http://www.newscientist.com/article/dn9968-top-10-steps-to-a-better-brain.html?full=true

Yoghurt adalah salah satu dari beberapa jenis makanan/minuman yang penting bagi otak kita. Beberapa nutrisi pada yoghurt yang bermantaat bagi otak antara lain:
  1. Asam amino tirosin (tyrosine), berfungsi untuk produksi dopamine and noradrenalin, yang telah diyakini secara ilmiah mampu meredakan stres pada otak. Otak yang stres akan menyebabkan daya ingat berkurang, kewaspadaan menurun, kelelahan menjalar ke seluruh tubuh, kreativitas menurun dan lain-lain. Kita memerlukan asam amino tyrosine, dan beruntunglah asam amino jenis ini terdapat pada yoghurt.
  2. Antioksidan, berfungsi menangkal radikal bebas. Radikal bebas sangat aktif menyerang organ tubuh kita 24 jam sehari. Jika radikal bebas memasuki organ vital tubuh, seperti otak, maka dapat membahayakan, dan dapat menyebabkan kanker otak. Yoghurt mengandung antioksidan yang baik untuk pertahanan tubuh dan otak kita dari serangan radikal bebas.
  3. Berbagai macam vitamin. Vitamin yang dominan terdapat pada yoghurt adalah keluarga Vitamin B. Yoghurt merupakan sumber Vitamin B1, B2, B6, B12 yang penting bagi tubuh dan otak. Yoghurt juga mengandung beberapa vitamin lain seperti vitamin A dalam jumlah sedikit, namun penting.
  4. Beberapa mineral, seperti kalsium, magnesium, fosfor. Mineral tersebut terdapat pada yoghurt dan mampu mendukung fungsi otak agar bekerja dengan baik.
  5. dan banyak nutrisi pendukung lainnya.
Jadi jika kita ingin memiliki otak yang sehat, maka rajin-rajinlah mengkonsumsi yoghurt dan beberapa makanan sehat lainnya seperti sayuran, buah segar, sereal dan sebagainya. Namun sekedar diet yang baik dan sehat saja tidak akan mencukupi untuk otak kita. Agar optimal, maka kita juga harus:
  1. Terbebas dari gaya hidup atau pekerjaan penuh stres. Jika saat ini anda masih bekerja di lingkungan penuh stres, ada baiknya anda mempertimbangkan untuk mencari profesi yang lebih sedikit stres namun tetap produktif, seperti menjadi penulis, konsultan, berbisnis di rumah secara konvensional maupun online, dan lain-lain. Saya menjalankan profesi tersebut dan jauh dari stres. Stres sangat tidak baik untuk otak. Jika anda masih tidak mampu membebaskan diri dari stres, maka carilah aktivitas yang menyenangkan, bersosialisasi secara positif baik di dunia nyata maupun di jejaring sosial, atau mencari lingkungan yang tenang dan berudara segar.
  2. Istirahat yang cukup. Jika pekerjaan kita sekarang sangat tinggi tingkat stresnya, bagaimana mungkin kita dapat istirahat dengan cukup? Mungkin kita punya waktu beristirahat, namun tidak tenang, gelisah karena banyak pikiran akibat pekerjaan. Hal ini juga tidak baik untuk otak. Istirahat yang cukup harus diimbangi dengan pikiran yang tenang.
  3. Olahraga yang teratur. Sempatkanlah untuk berolahraga, meski hanya 30 menit per hari. Olahraga yang paling sederhana adalah berjalan kaki. Olahraga baik untuk tubuh, dan karena itu juga baik untuk otak.