123

04 January 2013

PENGGUNAAN ASAM SITRAT PADA YOGHURT


Yoghurt secara alami akan menghasilkan asam yang disebut asam laktat. Asam laktat ini didapat dari proses di dalam bakteri yoghurt yang mengubah laktosa (gula susu) menjadi asam laktat. Biasanya, makin tinggi kadar laktosa pada susu, maka makin banyak asam laktat yang terbentuk pada yogurt, sehingga yoghurt menjadi sangat asam dan tidak nikmat dikonsumsi. Untuk menekan terbentuknya asam laktat yang berlebihan, maka Anda dapat menggunakan susu rendah laktosa yang mahal, atau cara yang murah adalah dengan mengurangi lama inkubasi susu. Lakukan secara trial and error sampai didapat keasaman yang diinginkan.

Namun, dalam kasus tertentu, terkadang saat Anda memproduksi yoghurt, ternyata rasa asam yang dihasilkan sangat sedikit sehingga yoghurt terasa hambar. Yoghurt memang mengental, namun rasanya hambar, kurang asam. Dalam kasus ini, maka asam sitrat dapat digunakan.

Asam sitrat adalah asam yang sangat 'food grade'. Asam ini terdapat secara alami di buah jeruk dan buah-buahan asam lainnya. Anda tidak perlu khawatir dengan asam sitrat ini.

Mengenai pemakaian asam sitrat maupun informasi penambahan asam sitrat ke dalam yoghurt, silakan anda cek di google dengan kata kunci 'citric acid yogurt'.

Sukses untuk Anda,
RY.