123

12 February 2012

CARA MERINGANKAN PRODUKSI YOGHURT BAGI ANDA YANG SIBUK


Rekans,

Bagi Anda yang masih memiliki banyak kesibukan, seperti kerjaan kantor, mengurus anak, berorganisasi dan sebagainya, berikut ini ada beberapa tips untuk memproduksi yoghurt yang dapat menghemat waktu dan tenaga Anda:

  1. Jangan memproduksi yoghurt setiap hari. Lakukanlah tiap 3 hari sekali. Jika produksi Anda katakanlah 5 liter per hari, maka akan lebih mudah memproduksi 15 liter tiap 3 hari sekali, daripada 5 liter tiap hari. Ini akan memberikan Anda lebih banyak waktu luang.
  2. Gunakan susu bubuk sebagai bahan baku produksi, dan bukan susu segar. Susu bubuk dapat dipakai produksi kapan saja (pagi, siang, sore, malam) sementara susu segar harus diolah segera setelah dibeli. Susu bubuk memberi Anda fleksibilitas waktu. Materi tentang ini ada di VCD Rahasia Membuat Yoghurt Menggunakan Susu Bubuk. 
  3. Juallah yoghurt sebagai "yoghurt plain". Yoghurt plain adalah yoghurt yang belum diberi gula, perisa dan bahan tambahan lain. Ternyata banyak juga konsumen yang membutuhkan yoghurt plain, untuk dibuat olahan sesuka mereka. Ini adalah target pemasaran yang sangat bagus. Anda bisa langsung menjual yoghurt segera setelah dipanen, tanpa harus repot memberi gula, perisa dan sebagainya. Dulu, saat saya masih produksi yoghut besar-besaran, sekitar 40% yoghurt yang saya jual berupa yoghurt plain, dan ini sangat menguntungkan.

Oke, semoga tips ini bermanfaat.
Salam sukses.